versi cetak panduan wisata ke siem reap  

Selamat Datang ke Siem Reap

Selamat datang di Siem Reap, daya tarik utama pariwisata Kamboja. Kabupaten (kota) Siem Reap merupakan salah satu dari 12 kabupaten di provinsi Siem Reap yang terletak di bagian barat laut Kerajaan Kamboja. Kota ini dapat dicapai melalui jalur darat, udara, dan sungai dari ibu kota negara, Phnom Penh (berjarak sekitar 314 kilometer) dan beberapa kota perbatasan internasional lainnya di Kamboja.

Siem Reap menjadi terkenal karena Angkor Wat-nya, pagoda atau Kuil Angkor terbesar di Kamboja (dalam bahasa Khmer ‘Wat’ berarti pagoda). Angkor Wat yang diklaim sebagai peninggalan dunia pertama ini dianugerahi sertifikat ISO-14001 dan dapat dicapai hanya dalam beberapa menit saja (sekitar 7 kilometer) dengan Tuk-tuk dari pusat kota Siem Reap. Angkor Wat yang usianya diperkirakan tidak lebih dari 1000 tahun ini secara “resmi” dipublikasikan oleh seorang penjelajah dan naturalis dari Perancis, Henri Mouhot pada pertengahan tahun 1800-an.


...sebuah kota dengan sekitar 200 kuil kuno...


Selain Angkor Wat, ada banyak kuil bersejarah lainnya di provinsi Siem Reap yang menarik perhatian turis karena pesonanya yang begitu menawan.

Kisah tentang kota Angkor yang kemudian menjadi bagian dari provinsi Siem Reap, bermula pada akhir abad ke–8 saat Raja Khmer, Jayavarman II kembali dari Jawa. Ia diperkirakan berusia 20 tahun saat kembali ke ibu pertiwinya tersebut. Pada awal tahun 800-an Raja Jayavarman II mendeklarasikan kemerdekaan dari Jawa di sebuah gunung bernama Mahendraparvata atau yang sekarang dikenal dengan gunung (Phnom) Kulen, yang berjarak beberapa kilometer saja dari timur laut kota Siem Reap. Setelah itu Jayavarman II menetap di suatu daerah bernama Hariharalya atau yang sekarang dikenal dengan Rolous.




Pemandangan di pedesaan dekat kota Siem ReapJayavarman yang berarti “dilindungi oleh kemenangan”, mulai membangun kuil yang kemudian diteruskan oleh pewaris-pewarisnya yang membangun kuil era Angkorian lebih banyak lagi. Angkor Wat yang terkenal itu dibangun oleh Raja Suryavarman II pada awal abad ke-12.

Dikatakan bahwa Angkor Wat dan kuil-kuil lainnya diabaikan oleh Khmer pada tahun 1400-an karena serangan Kerajaan Siam (sekarang Thailand). Raja Khmer Ponhea Yat lah yang mulai memindahkan ibu kota negaranya ke bagian timur negaranya sebelum menetap di Phnom Penh.


Kurang dari 2,5 jam dari: Bangkok, Ho Chi Minh City, Hong Kong, Manila, Singapura
* perkiraan waktu penerbangan langsung dengan pesawat jet


Pada pertengahan tahun 1700-an, Raja Ponhea Sor mulai membenahi kota Angkor. Namun pembenahan tersebut secara signifikan baru dilakukan justru setelah Perancis mulai ikut ambil bagian pada akhir tahun 1800-an.

Sekarang, wilayah provinsi Siem Reap luasnya sekitar 10.550 km2 atau sekitar 2.607.000 hektar dengan perkiraan populasi penduduk lebih dari 1 juta jiwa, di mana sekitar 180.000 jiwa di antaranya menetap di kabupaten Siem Reap.


...desa terapung, restoran, toko-toko di Danau Tonle Sap...


Desa terapung di danau Tonle Sap tidak jauh dari Siem ReapKota Siem Reap adalah sebuah kota yang relatif kecil dan mudah untuk dijelajahi. Dengan ‘empat musim’ dalam setahun: ‘panas’, ‘dingin’, hujan, dan kemarau, menjadikan kota ini lebih menarik untuk dikunjungi. Selain kuil-kuil, kota ini juga memiliki objek menarik lainnya, seperti lapangan golf, pertunjukan budaya (seperti Tari Apsara), peternakan ulat sutra, dan masih banyak lagi.

Lebih dari 90 hotel mewah dan lebih dari 170 penginapan siap menyambut tamu-tamu yang ingin menikmati warisan menakjubkan dari 200 kuil di Siem Reap, makanan khas, budaya lokal, Danau Tonle Sap yang merupakan danau air tawar terbesar di Asia Tenggara, dan daya tarik lainnya.

Selamat menikmati liburan yang menyenangkan di Siem Reap!


Jangan lupa ikutan LIKE US juga yaaa




Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.




Kembali ke atas


jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih